0

Belajar Bahasa Arab 1

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa internasional kedua setelah bahasa Inggris. Namun sedikit orang yang ingin belajar dan menguasai serta mampu berbicara dan berdialog dengan bahasa Arab. Bahkan Bahasa Arab merupakan alat yang sangat penting untuk memahami ajaran agama Islam. Hal itu karena Kitab Suci Al-Qur'an berbahasa Arab, Hadits Nabi pun berbahasa Arab. Maka tidak boleh tidak bagi orang yang ingin mengkaji tentang Al-Qur'an dan Hadits, harus paham dulu tentang bahasa Arab. Hal ini merupakan sebuah tantangan yang sangat besar sekaligus mejadi hambatan bagi para pelajar dan pengkaji Al-Qur'an dan Hadits.

Oleh karena itu, perlu sekali untuk mempelajari bahasa Arab. Namun berdasarkan perkembangan zaman, bahasa Arab bukan hanya diperlukan untuk mengkaji Al-Qur'an dan Hadits saja, tetapi juga sebagai alat komunikasi internasional.

Maka dalam bahasa Arab, dikelompokkan ke dalam beberapa kemahiran atau keahlian yang dalam bahasa Arab di sebut “Mahãrah ( مَهَارَة) “. Kemahiran tersebut antara lain:

  1. Mahãrat al-Qirã’ah ( مَهَارَةُ القِرَآءَة) : Kemahiran Membaca
  2. Mahãrat al-Kitãbah ( مَهَارَةُ الكِِتَابَةِ) : Kemahiran Menulis
  3. Mahãrat al-Istima’ ( مَهَارَةُ الاِسْتِمَاع) : Kemahiran Mendengarkan
  4. Mahãrat al-takallum ( مَهَارَةُ التَّكَلُّمْ) : Kemahiran Berbicara

Keempat Mahãrat tersebut merupakan inti dari mahãrat dalam bahasa Arab, karna setelah keempat mahãrat tersebut akan ada Mahãrat al-Insya’ ( مَهَارَةُ الإِنْشَاء); kemahiran Mengarang, Mahãrat Tarjamah (مَهَارَةُ التَّرْجَمَة); kemahiran mengalihbahasakan, dan kemahiran-kemahiran yang lain.

Dan untuk mendukung semua mahãrat tersebut, dalam bahasa Arab terdapat unsur kebahasaan, yang di kenal dengan ilmu alat (nahwu dan sharaf) serta ilmu balaghah. Tapi ada sebuah metode untuk mempermudah kemampuan dalam berbahasa Arab terutama yang bertujuan untuk hanya memperdalam Mahãrat al-takallum (kemampuan berbicara), yaitu dengan menghafal dan mempraktekkan mufrodat (kosa kata) tanpa memperhatikan ilmu nahwu. Hal itu banyak yang berhasil, namun mempunyai kekurangan yaitu kesalahan dalam mengucapkan baris huruf akhir.

Oleh karena itu, diperlukan untuk menguasai semua unsur kebahasaan tersebut sehingga mendapatkan Mahãrat-mahãrat dalam bahasa Arab.

0 komentar:

Posting Komentar